Kamis, 30 Juni 2011

Never Ending Improvement

Rasul saw bersabda,” Barang siapa hari ini sama dengan hari kemarin maka dia merugi, barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka dia celaka.”

Hadis diatas merupakan himbauan dari Baginda Rasul saw bahwa bagi seorang muslim hidupnya haruslah never ending improvement. Peningkatan kualitas yang terus menerus dalam setiap hari merupakan harga mati yang tak dapat ditawar jika tidak ingin celaka.


Pesan Baginda Rasul saw diatas cukup singkat tapi padat.. sangat mudah dimengerti, tapi ya ampun.. mengimplementasikannya dalam hidup sungguh amit2 jabang beibeh susahnya.. Mengingat semangat hidup kita ini memang bagaikan kondisi jalan di daerah pegunungan, naik turun.. sebentar naik terus turun lagi.. bagi sebagian orang malah banyakan turunannya dibandingkan tanjakannya..

Tapi pesan Baginda Rasul saw ini ternyata merupakan prinsip yang sangat dahsyat bagi siapapun yang ingin sukses besar dalam hidupnya, dan dapat diberlakukan di bidang kehidupan kita yang mana saja. Saking ampuhnya, saya berani jamin siapapun yang berhasil menggunakan prinsip ini pasti bakal sukses dalam setiap bidang yang dia kerjakan.

Coba saja perhatikan orang2 besar yang anda kenal, para orang sukses di sekeliling kita, perusahaan2 terbaik, atau organisasi apapun yang sukses. Anda pasti akan melihat bahwa mereka semua adalah orang2 yang memiliki standar yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang biasa2 saja. Contoh, Anthony Robbins seorang yang dianggap pelatih sukses nomor 1 di dunia, memiliki prinsip CANNI (Constant and Never Ending Improvement), yaitu terus berubah secara konstan dan tak pernah berhenti menaikkan standar. Pun perusahaan2 terbaik dunia macam Microsoft Corp, Virgin Group, General Electric, Honda, adalah contoh perusahaan yang menerapkan prinsip Kaizen dalam perusahaan mereka. Sebuah prinsip dari bangsa Jepang yang berarti pembelajaran dan peningkatan secara terus menerus.

Memang tak mudah untuk menerapkan prinsip yang luar biasa ini dalam kehidupan kita. Tapi coba pikirkan konsekuensi jangka panjangnya jika kita berhasil menerapkan prinsip ini..? atau apa akibatnya 5 s/d 10 tahun kedepan dalam hidup kita jika kita tidak menerapkan pesan Rasul saw ini. Apakah anda mau hidup anda sukses luar biasa, dan senantiasa diliputi kebahagiaan, atau menggantungkan hidup kepada nasib..?

Ya, apapun jawaban anda, jika anda memilih untuk menjadikan “hidup hari ini lebih baik daripada hari kemarin”, anda dapat mencoba resep praktis berikut ini:
1. Luangkanlah waktu sejenak di malam hari untuk merenungi kehidupan anda. Temukanlah hal2 yang menjadi cita2 anda, segala keburukan dan kelemahan yang tidak lagi dapat anda terima dan tidak dapat anda toleransi dalam kehidupan anda.
2. Jika anda sudah menemukannya dalam perenungan anda, maka tuliskanlah dalam secarik kertas ataupun dalam sebuah buku. Yang jelas pastikan anda dapat membawa dengan mudah catatan itu.
3. Lalu anda dapat merenungkan cara2 apa saja yang dapat anda lakukan untuk mencapai cita2 anda, mengurangi dan mengendalikan kebiasaan buruk atau kelemahan anda. Atau anda dapat konsultasikan kepada orang lain yang anda anggap sukses untuk membantu anda.
4. Berkomitmenlah untuk melakukan tugas2 tersebut. Fokuslah kepada hasil dan rasakan betapa bahagianya jika anda sukses melakukan tugas2 untuk menjadikan anda pribadi berkualitas bintang.
5. Jangan lupa agar meluangkan waktu untuk selalu mengevaluasi tindakan dan hasil2 yang telah anda capai. Ganti yang tidak efektif, dan pertahankan yang telah efektif.

Segitu dulu tulisan perdana ini.

Lalu perhatikan apa yang terjadi.. (Mario Teguh mode : On).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar