Sabtu, 06 Agustus 2011

Pejuang Kecil

Kisah yang dialami oleh seorang kawan, saat berada di surabaya (anak kaskuser) ini tertarik saya posting di blog ini karena sangat menggugah dan inspiratif untuk dijadikan pelajaran kehidupan. Seperti apa kisahnya, simak dialog berikut :

Ini pengalaman pribadi ane waktu masih kerja di Surabaya.

Kantor ane di jalan menur (bukan di rumah sakit jiwanya).

Waktu itu ane kebetulan pulang dari kantor sekitar jam 23.00 naik motor..cuaca hujan sejak sore.
Keluar dari kantor ketemu Lampu merah persimpangan kertajaya yg dekat pasar menur (anak surabaya pasti tau)
 Kebetulan keadaan sudah sepi,ane sendiri naek motor pake jas hujan (ponco).
Pas lampu merah ane berhenti.di dibawah lampu merah itu ada anak laki2 umurnya sekitar 10-12 tahun sedang duduk kedinginan..bajunya basah karena hujan..lagi meluk tumpukan koran yg dibungkus plastik transparan..korannya masih banyak lagi..
Mungkin karena dia ngeliat ane perhatiin dia,akhirnya dia berdiri dan mendekat.

Terjadilah percakapan dlm bahasa jawa

A=Ane
B=bocah

B : Mas tuku koran tha? (mas beli koran?)
iseng2 ane tanya.
A : piro korane le? (berapa korannya de?)
B : sewu mas. (Serbu mas.)
A : jik akeh ngono (msh banyak gitu.)
B : gurung onok sin payu (belum ada yg laku)

Ane kasian banget gan liatnya..menggigil2 gitu..sambil ngomong...ane kemudian agak menepi...
A : dodolan ket jam piro? (jualan dari jam berapa?)
B : ket awan mas (dari siang mas)
A : koen gak sekolah tha? (kmu gak sekolah?)
B : yo sekolah mas..mau muleh sekolah yo dodolan koran iki. (tadi pulang sekolah ya jualan koran)

SH*T!!..ane mikir mana bapak ama emaknya...akhirnya ane nanya..

A : ebesmu ndi le? (bapakmu mana?)
B : wis gak ono mas. (udah gak ada mas)

Ane diem..gak berani nanya lebih detil ttg bapaknya.

A : emes? (ibu?)
B : onok nang omah (dirumah)
A : Lapo?(ngapain?)
B :yo ngurusi ade ku.(mengurus adek ku)
A : gak kerjo?(ga kerja?)
B : yo iki aku kerjo.(ya ini aku kerja)

Miris gan ane...kaya dipukul palu rasanya..Dia yg kerja, bapak gak ada...ibunya ngurusin adeknya..

B : tuku korane yo mas (beli korannya ya mas)

Ane diem..gak jawab gan..

A : meneh isuk sekolah gak koen? (besok pagi skolah gak kmu?)
B : yo sekolah lah mas..
A :lapo gk muleh wis bengi ujan pisan(ngapain gak pulang udah malam ujan lagi)
B : gurung payu korane mas, gurung oleh duit (belum laku korannya mas,belum dapet duit)

anak umur segini,kerja sampe malem jualan koran,menggigil kedinginan kehujanan sejak sore, korannya ditutupin plastik,tp dianya sendiri basah kuyup..sakit ati ane liatnya.

A : koen wis mangan ora? (udah makan blum?)
B : wis maeng awan nang omah (sudah tadi siang dirumah)
A : mangan opo? (makan apa?)

Sambil garuk2 kepala n senyum2 dia jawab.

B : yo ote2 thok loro(ote2 aja 2 biji) (Ote2=sejenis gorengan a.k.a bikang doang)
A : Sego? (nasi?)
B : yo gak onok mas. (gak ada mas)

ane sedih banget..belum makan nasi seharian..cuman makan gorengan 2 biji..tapi dia masih bisa senyum2.





Akhirnya ane keluarin dompet,ambil duit 50ribuan,terus kasih ke itu bocah.

B : gak ono susuk e mas, duit cilik ae,sewu mosok gak ono?(gak ada kembaliannya mas,uang kecil aja,seribu masa' gak punya?)
A : gak usah,ambil ae,koramu gowoen muleh.sesok ditimbang ae (gak usah ,ambil aja,koranmu baw pulang,besok ditimbang aja)
B : sing genah mas. (yang bener mas)
A : yo pulango sak ik (pulang aja sekarang)i.

Kebetulan ada warung kopi kecil dekat situ,ane keluarin duit 5ribuan lagi.

A : iki,awakmu rono,tuku susu hangat,karo sego bungkusan lek onok,gowoen muleh,mangano.soale meneh koen sekolah (ini,kamu kesana,belu susu hangat,beli nasi bungkusan kalo ada,bawa pulang makan,soalnya besok kamu sekolah)

B :gak po2 tha iki? (nggak apa2 yah?)

mungkin dia gak enak ane ngasi duit segitu.

A : wis gak po2. duit sing mau ke'i emes mu gae tuku sego. (gak apa2.uang yg tadi kasi ibu mu buat beli nasi)
B : suwun yo was..(makasih ya mas)

kemudian dia nyium tangan ane (kalo orang jawa nyebutnya 'salim')

A : yo wez rono muleh tuku o susu anget (ya udah sana pulang beli susu hangat)

Akhirnya dia lari ke warung itu gan..ane sedih banget liatnya..tp dia masih semangat lari..
Pelajaran yang sangat berharga..buat ane..banyak kita yg lahir udah nikmat hidupnya..tp kita sia-siakan dengan hal2 yang tidak berguna..
Banyak orang yang sudah diatas..tp semakin lupa dengan yang dibawah.
banyak yang mentingin diri sendiri daripada orang lain..
Bocah itu mengajarkan banyak hal kepada ane..

kejadian ini ane alami tahun 2009..
Tp ane gak akan pernah lupa..
Sekolah terus ya le...jangan pernah berhenti..
mudah2an besok gede ente jadi presiden indonesia yg arif dan bijaksana..Amin.

(jadi inget lirik lagu iwan fals.."anak sekecil itu berkelahi dengan waktu...Demi satu impian yang kerap ganggu tidurmu. Anak sekecil itu tak sempat nikmati waktu..")

*******
Thanks to ro77in kaskus atas kisahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar