Selasa, 28 Februari 2012

Cara Meningkatkan Penjualan Hingga 2000%

Dalam bisnis, marketing adalah jantungnya sebuah bisnis. Ia harus terus berdenyut agar bisnis tetap hidup. Bisa anda bayangkan bila jantung anda berhenti berdenyut? Begitulah bisnis tanpa ada marketing atau marketing ditiadakan. Sudah tentu bisnis itu akan gulung karpet.

Tetapi dalam persaingan bisnis yang begitu ketat, dan kondisi perekonomian yang tidak mendukung bisa membuat marketing terasa susah. Hawa pesimistis biasanya menyelimuti para staff marketing, karena biasanya hasil di lapangan selalu menunjukkan grafik penjualan yang negatif pada kondisi sulit.

Tapi dalam kondisi sulit biasanya ada saja yang penjualan justru malah bagus. Contoh kasus seperti pengalaman yang saya dapatkan dari Tung Desem Waringin, trainer kondang Indonesia. Di salah satu perusahaan yang di-coach oleh Pak Tung, dengan ilmu marketingnya, Pak Tung berhasil membuat perusahaan itu meningkatkan penjualan hingga 2000%, dan herannya adalah peningkatan terjadi pada masa resesi! Menarik bukan?

Baca strateginya di bawah ini. :)

Peningkatan tersebut dialami oleh salah satu BPR di Bali.

Pada saat terjadi bom Bali I, sempat terjadi resesi yang memukul industri kredit sepeda motor di pulau dewata. BPR tersebut mengalami penurunan drastis.. Dari yang bisa mencapai 7000 unit, menurun tajam hingga 800 unit.

Setelah menerapkan ilmu berikut dan tentu saja disertai tekad yang kuat dari pemiliknya untuk bangkit lagi, akhirnya dalam jangka waktu hanya 5bulan saja kredit sepeda motornya naik 2000% walau dikenai suku bunga 3 kali lipat lebih tinggi..! mantap surantap kan..? :)



Begini caranya :

Pertama-tama lakukan pembenahan dari sales team-nya, mereka dijelaskan dengan detil mengenai penerapan sistem produktivitas berkait dengan penghasilan yang hasilnya akan sangat menguntungkan mereka. Saat mereka faham mengenai hal tersebut selanjutnya mereka dibekali dengan teknik2 marketing dari Pak Tung. Beberapa teknik tersebut diantaranya adalah dengan cara berikut :

1. Terapkan Jurus USP

U : Ultimate Advantage (harus disampaikan nilai tambahnya)

S : Sensational Offer (beri hadiah terbatas atau diskon khusus bagi yang bertindak cepat)

P : Powerfull Promise (beri garansi kepuasan sepowerfull mungkin)

Dalam setiap kegiatan pemasarannya

2. Lakukan Usaha Marketing

 
Yaitu usaha untuk menjaring calon konsumen sebanyak-banyaknya untuk datang ke BPR tesebut terlebih dulu. Contohnya buat iklan yang sensasional :

"Kredit sepeda motor dari BPR kami, cicilan cuma Rp.19.900,- per hari dan dalam 2 tahun sepeda motor jadi milik anda"

(Kesannya jauh lebih murah daripada sewa sepeda motor per hari Rp.30.000,-)

Dalam iklan tersebut ada yang gelap diantaranya :

-berapa besar uang muka yang harus dibayar

-berapa besar bunganya

-apa merk sepeda motornya

-dll

Tapi setelah dimonitor dan evaluasi ternyata dengan iklan tersebut banyak sekali calon konsumen yang datang karena tertarik iklan tersebut.

Dan begitu para calon pelanggan itu datang di BPR tersebut, maka harus disambut dengan program penjualan yang akan memperbesar keinginan calon pelanggan untuk membeli.. caranya dengan menerapkan :

3. Jurus "Ada" "Bisa" "Boleh"

Yaitu setelah calon konsumen tersebut datang tiba2 bertanya :

"Apakah syaratnya kreditnya harus 2 tahun, lalu uang mukanya harus 2 juta rupiah, kalo cuma satu juta gimana?"

Karyawan harus terlatih agar dengan cepat menjawab :

"Oh BISA kok pak, akan tetapi waktu kreditnya diperpanjang jadi 3tahun"

sedangkan jika ada yang bertanya :

"Kalau yang ngga pake uang muka ada ngga..?"

Harus segera dijawab :

"ADA pak, akan tetapi kalau tidak memakai uang muka kreditnya tidak bisa pakai yang harian tapi bulanan. Caranya anda mengangsur 12kali per bulannya dengan cicilan sebesar Rp.1.000.000,- maka sepeda motor bisa dibawa pulang."

Kalau calon pelanggan bilang,"wah tapi sekarang lagi ngga punya duit"

Jawab dengan,"Tetapi bapak bisa membayar 1juta per bulannya kan..? kalau memang BOLEH kok pak, sementara silakan bapak tandatangani form ini terlebih dahulu, nanti pas pembayaran angsuran pertama dibayarkan, sepeda motor akan segera kami kirim."

Dengan strategi dan cara2 demikian dalam jangka waktu singkat omzet BPR tersebut melesat tajam..

Ilmunya cukup praktis dan terkesan "smart street" atau istilah lokalnya "ilmu jalanan". Biayanya pun terlihat sangat murah tetapi hasilnya peningkatan 2000% bahkan di masa sulit.

Menarik ya..

------------------------

Ngomong-ngomong.. bagaimana?
Cara ini cocok diterapkan pada bisnis anda?

Semoga bermanfaat ya..

PS : Thanks to Pak Tung atas ilmunya.. 
image credit link : lead411

1 komentar: